Header Ads

ads header

SEMINAR KETERPELAJARAN : Pelajar NU Ngronggot harus Kreatif dan Inovatif di Era Digital

Seminar Keterpelajaran


IPNU IPPNU NEWS - Ngronggot, Nganjuk. Perkembangan teknologi ke arah serba digital saat ini semakin pesat. Pada era digital seperti ini, manusia secara umum memiliki gaya hidup baru yang tidak bisa dilepaskan dari perangkat yang serba elektronik.

Merespon hal tersebut, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Ngronggot mengadakan Seminar Keterpelajaran dengan tema “Pelajar dan Santri dalam Menghadapi Era Digital”.

Kegiatan ini berlangsung di Gedung Aula MA Al Khidmah Ngronggot pada Ahad (17/10/2021). Seminar Keterpelajaran ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2021 yang dihadiri oleh anggota dan kader IPNU IPPNU se-kecamatan Ngronggot.

Adapun narasumber dalam seminar ini adalah Ahmad Zainul Hasan Ketua PC IPNU Kab. Nganjuk dan Gus Ridwan Baidlowi selaku Ketua PC RMI NU Kab. Nganjuk.

Hidayatul A’yuni, Ketua PAC IPPNU Ngronggot mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan agar para pelajar khususnya IPNU IPPNU untuk dapat melek digital.

“Sebagai pelajar masa kini, kita jangan sampai gagap terhadap perkembangan teknologi terutama di era digital dimana semua informasi dapat kita akses melalui internet dan media sosial”, ujarnya.

Disamping itu, Bapak Drs. Masrukin selaku Wakil Ketua MWC NU Ngronggot sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai wadah untuk meningkatkan kompetensi kader IPNU IPPNU.

“Orientasi IPNU IPPNU adalah pelajar, oleh karena itu kegiatan seminar keterpelajaran ini sudah tepat dilaksanakan”, tutur beliau.

Ahmad Zainul Hasan menyampaikan bahwa perkembangan media dan informasi saat ini sangat pesat, kita sebagai pelajar harus dapat memfilter arus informasi yang kita terima. 

Sekarang ini teknologi sudah berkembang sangat pesat, ini menjadi tantangan bagi kita sebagai pelajar agar dapat memfilter informasi yang kita terima dari media sosial”, ujarnya.

Ketua PC IPNU Kabupaten Nganjuk tersebut juga mengajak kepada kader IPNU IPPNU untuk jangan hanya bisa menjadi penikmat saja dalam perkembangan media digital, namun juga harus ikut andil dalam pemanfaatannya.

“Kita dituntut untuk memunculkan inovasi dalam pemanfaatan media sebagai subyek, bukan hanya sebagai obyek”, tambah pemuda yang akrab dipanggil Zainul tersebut.

Sementara itu Gus Ridwan Baidlowi Ketua RMI NU Nganjuk menyampaikan bahwa, teknologi digital  yang sudah berkembang sangat pesat ini bisa jadi menghancurkan kita atau malah dapat menjadi nilai tambah bagi kita.

“Jika kita tidak kreatif dan inovatif, maka kita akan tenggelam seiring perkembangan teknologi. Oleh karena itu, manfaatkan perkembangan teknologi yang ada tentunya dengan tetap mengedepankan akhlaq sebagai ciri khas dari santri”, tutur beliau yang juga merupakan Pengasuh Ponpes Rahmatan Lil 'Alamin Patianrowo tersebut.

Penulis : Khusnul Khuluq

No comments

Powered by Blogger.