Header Ads

ads header

Coming soon Konferancab, Forum Permusyawaratan Tertinggi di Pimpinan Anak Cabang


Sudah berapa tahun kalian ikut jadi anggota IPNU? Pastinya sudah pernah dengar yang namanya konferensi, ya?

Nah, bagi yang belum tahu, saya jelaskan bentar, deh. Konferensi itu adalah forum tertinggi dalam IPNU, khususnya di tingkat PAC, PC, dan PW. Forum tersebut intinya akan membahas terkait LPJan pengurus, Rekomendasi kepengurusan yang akan datang, dan pemilihan ketua periode selanjutnya.

Apa, sih, untungnya ikut konferensi?

Ikut konferensi sangat beda dengan kita mengikuti kegiatan pelatihan kaderisasi, missal: Makesta, Lakmud, Lakut, Dikpel, Latin dan Latpel, dan Latinnas. Kalau dalam kegiatan-kegiatan pelatihan tersebut kita dilatih dan diberi wawasan terkait organisasi IPNU dan pengembangannya, namun konferensi akan fokus pada penerapan dari hasil pelatihan.

Saat Makesta kita dikenalkan dengan IPNU bahwa organisasi ini adalah Badan Otonom dari NU. Ketika Lakmud kita diajarkan cara Scientific Problem Solving , berdiskusi, berkomunikasi, lobbying, dan bersidang. Dan Lakut kita diajarkan Analisa Sosial dan strategi pengorganisasian pelajar.

Kemudian saat Dikpel kita diajarkan manajemen konflik dan spikologi pelatihan. Latin dan Latpel kita tuntaskan review materi Makesta dan Lakmud. Akhirnya ketika Latinnas kader-kader IPNU sudah digembleng untuk mengunyah Paradigma Gerakan IPNU untuk membangun bangsa dan peradaban umat manusia.

Semua hal yang kita peroleh dari pelatihan kaderisasi akan diuji dalam konferensi melalui argumentasi-argumentasi yang saling membagun dan menguatkan. Argumen versus argumen. Gagasan versus gagasan.

Orientasi dari konferensi adalah menata kembali pondasi IPNU di tingkat kepengurusan masing-masing untuk periode selanjutnya.

Kita ikut konferensi, maka kita akan untung setidaknya tentang tiga hal: (1) tahu bagaimana berargumen yang baik, (2) mengerti cara berkomunikasi dan lobbying, dan (3)  ikut andil dalam membangun organisasi.

Kalau tidak didelegasi, tapi ingin jadi peserta, bagaimana?

Dalam Sidang Tata Tertib akan dibahas dan ditetapkan mengenai Peserta Peninjau. Jika Rekan-Rekan memenuhi syarat sebagai Peserta Peninjau, maka bisa ikut ke forum. Tentu harus ada konfirmasi ke Ketua masing-masing, kemudian ke Panitia OC untuk selesaikan terkait administrasi.

Nah, Oktober 2020 akan menjadi bulan penting bagi kader-kader IPNU-IPNU Se-Kecamatan Ngronggot. PAC akan memfasilitasi forum Konferensi Anak Cabang. Forum tertinggi dalam lingkup IPNU-IPPNU Se-Kecamatan.

Silahkan dipersiapkan semuanya. Mari bergandeng tangan untuk membangun iklim berorganisasi yang professional dan harmonis. Selamat berkonferensi![*]

 

Penulis: Syarif Dhanurendra

No comments

Powered by Blogger.