Header Ads

ads header

Perkembangan Media Sosial PAC Ngronggot sebagai Media Dakwah

Dokumen LP2 PAC Ngronggot
NGRONGGOT-NGANJUK. Perjalanan manusia kini sudah sampai pada titik kemegahan peradabannya. Terlepas ini baik atau buruk, yang pasti kini manusia sudah pada taraf kemajuan teknologi yang sangat canggih dan luar biasa. Bahkan Telkom pun membuat tagline spektakuler: The World In Your Hand. Artinya, Telkom mengamini bahwa saat ini kecanggihan abad 21 sudah sangat luar biasa, bahkan dunia bisa ada dalam "genggaman" manusia.

Dalam merespon hal tersebut, Ketua PAC IPPNU Kecamatan Ngronggot Eka Yunar Rahmawati mengatakan bahwa kini ranah dakwah IPNU-IPPNU pun juga diorientasikan ke media sosial, misalnya: facebook, instagram, dan website. Ini sebagai upaya menyentuh para pelajar yang menjadi basis lahan garap IPNU-IPPNU yang notabene adalah generasi millenial.

"Pemuda dan remaja saat ini sangat lihai berselancar di dunia maya," kata Eka, "Yap... Bahkan jika dicek di media sosial, entah itu facebook atau instagram, ribuan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) sudah menjamur di sana." lanjutnya.

Dari analisis yang diperoleh penulis, saat ini media sosial tidak hanya dinikmati oleh kalangan menengah ke atas. Masyarakat menengah ke bawah pun sudah banyak yang bisa mengakses media. Bahkan, di Kabupaten Nganjuk ini, anak-anak masih SD kelas III saja sudah mengenal facebook.

Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Kecamatan Ngronggot kepengurusan saat ini sangat beruntung. Betapa tidak, ternyata senior-senior sudah mewariskan akun media sosial sejak dulu. Facebook PAC yang bernama Pelajar Nahdliyyin Ngronggot sudah aktif menyapa rekan-rekanita sejak April 2010. Kemudian, instagram PAC menyusul di enam tahun berikutnya, lebih tepatnya pada Oktober 2016. Akun instagram tersebut adalah @pacipnuippnu_nggt.

Tak hanya di facebook dan instagram, PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Ngronggot juga berupaya mendokumentasikan informasi, kegiatan, dan kreatifitas-kreatifitas kader di situs internet. Berikut ini perubahan dan perkembangan situs resmi yang pernah dikelola PAC Ngronggot:
1. https://pacipnuippnungronggot.wordpress.com (3 Movember 2011 - 2 Maret 2012)
2. http://pacipnuippnungronggot.blogspot.com (1 Mei 2012 - 14 Desember 2014)
3. https://ipnuippnu-ngronggot.blogspot.com (29 Januari 2017 - Sekarang)

Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan terkait media sosial di atas, dan dalam rangka menyelami euforia era revolusi industri 4.0, PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Ngronggot pun menambah lembaga baru, khususnya yang bergerak di bidang IPTEK dan Pengembangan Wacana, yaitu Lembaga Pers dan Penerbitan (LP2).

LP2 ini menjadi diupayakan dapat menjadi garda terdepan menyajikan informasi-informasi aktual dan bermanfaat terkait IPNU-IPPNU, khususnya PAC Ngronggot. Dan berdasarkan hasil rapat formatur, LP2 ini diamanahkan oleh Ketua PAC kepada Direktur pertama, yaitu Rekan Abdul Farid Zain dari Kaloran (IPNU) dan Rekanita Siti Nanda Ayu dari Mojokendil (IPPNU).

Salam 3B.!!
Menuju 2 tahun blogspot PAC.!!

(Syarif)

No comments

Powered by Blogger.