Header Ads

ads header

Hasil Keputusan Rakernas IPNU di Hotel Paragon DKI Jakarta 2016

Design by Zakaria Ishaq dan Usman Hasyim
Rapat Kerja Nasional (Rakernas) adalah forum yang membahas garis besar kerja nasional yang akan dilakukan oleh PP IPNU dan mengikat ke seluruh tingkatan IPNU di Indonesia. Dalam Rakernas membahas banyak hal, antara lain: Peraturan Organisasi dan Peraturan Administrasi atau sering kita dengar dengan sebutan PPOA.

Dalam buku hasil Rakernas 2016 tersebut, PP IPNU menjelaskan bahwa sebagaimana amanah Rakernas IPNU yang diselenggarakan di Jakarta, Desember 2016, demi terwujudnya ikhtiar dalam mengembangkan organisasi yang lebih terstruktur dan profesional, Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PP IPNU) Masa Khidmat 2015-2018 akhirnya dapat menerbitkan Buku Pedoman Organisasi. Dengan harapan buku ini dapat didistribusikan ke seluruh tingkatan baik Pimpinan Wilayah (PW), Pimpinan Cabang (PC), bahkan Pimpinan Anak Cabang (PAC), Pimpinan Ranting (PR), dan Pimpinan Komisariat (PK). 

Dengan demikian Buku Pedoman Organisasi ini yang terdiri dari ; Peraturan Organisasi (PO) tentang Tata Kerja Organisasi, Peraturan Organisasi (PO) tentang Mekanisme Keorganisasian, Peraturan Organisasi (PO) tentang Persidangan dan Rapat, Peraturan Organisasi (PO) tentang Tata Aturan Organisasi, Peraturan Organisasi (PO) tentang Identitas Organisasi, Peraturan Organisasi (PO) tentang Sistem Kaderisasi, Peraturan Organisasi (PO) tentang CBP serta RAN-RAW dan Rekomendasi, yang diharapkan dapat membantu dan memberikan penjelasan yang lebih lengkap bagi setiap kader IPNU di seluruh penjuru Indonesia dalam rangka mewujudkan organisasi yang lebih tertib dan profesional. 

IPNU sebagai organisasi kaderisasi, selain mewujudkan tertib administrasi, harus selalu mengembangkan sistem kaderisasi yang bisa diaplikasikan oleh seluruh tingkatan organisasi. Untuk itu mengelola organisasi dengan terarah, terukur, dan profesional akan melahirkan kader-kader yang memiliki kompetensi yang handal; organisasi yang lebih rapih, transparan, seluruh agenda kegiatan dan database tercatat dengan baik; dan tentunya organisasi yang berkelas di mata masyarakat dengan tanpa meninggalkan fitrahnya sebagai organisasi pelajar-santri yang memperjuangkan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan ala Nahdlatul Ulama.

Untuk mewujudkan administrasi organisasi dan kaderisasi IPNU yang lebih profesional dan sistematis di atas, maka PP IPNU akan terus berusaha semaksimal mungkin membuat kebijakan-kebijakan dengan mempertimbangkan seluruh masukan sehingga dapat dilaksanakan oleh seluruh kader IPNU. Sehingga IPNU dapat menjadi percontohan organisasi bagi organisasi-organisasi sejenis lainnya. 

Setiap kader dan struktur organisasi yang mengaku profesional, harus mampu menunjukkan kemampuannya berdasarkan pengalaman dan kompetensinya untuk mewujudkan dan mentaati apa yang sudah menjadi ikhtiar bersama dalam bentuk Pedoman Organisasi tahun 2016 ini. 

Dengan demikian Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PP IPNU) Masa Khidmat 2015-2018 berharap agar kader-kader IPNU di seluruh Indonesia menjadi kader-kader yang profesional dan taat organisasi serta mampu mengaplikasikan pengetahuan organisasinya dalam kehidupan bermasyarakat dan mampu memberikan kontribusi nyata bagi bangsa dan negaranya.

Berikut ini Hasil Keputusan Rakernas IPNU di Hotel Paragon DKI Jakarta 2016:



Download klik DI SINI

No comments

Powered by Blogger.