Header Ads

ads header

Biografi Rekan Fiqhy: Ketua IPNU Anak Cabang Ngronggot 2016-2018

M. Fiqhy Setiyo Budi

M.Fiqhy Setiyo Budi, itulah nama lengkap dari Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNUKecamatan Ngronggot periode 2016-2018. Asli bocah Nganjuk yang terlahir pada tanggal 21 September 1996. Hingga sekarang (2018) dia masih tinggal di desanya yang berada di ujung timur Kabupaten Nganjuk, yaitu Desa Kelutan.

Riwayat pendidikan Fiqhy, dia tempuh di Masyariqul Anwar dari tahun 2002 hingga 2014, sebuah Yayasan Pendidikan Islam yang memiliki banyak lembaga pendidikan mulai MI hingga MA. Setelah lulus dari MA Masyariqul Anwar, kemudian dia melanjutkan ke Perguruan Tinggi STAIN Kediri hingga saat ini.

Dia adalah sosok pemuda yang ulet. Dia masuk sebagai pengurus di IPNU tahun 2009. Saat itu, dia diamanahi sebagai Ketua IPNU Ranting Kelutan dalam masa khidmat 2009-2011. Selama menjadi Ketua Ranting, dia berhasil membawa Ranting Kelutan sebagai salah satu ranting teraktif di lingkup Anak Cabang Ngronggot.

Selain di IPNU, Fiqhy pun juga aktif di organisasi intra sekolah. Pada tahun 2012, Fiqhy terpilih menjadi Ketua OSIS MA Masyariqul Anwar. Sebuah amanah yang harus ia terima, dan dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab. Tak hanya itu, Fiqhy juga aktif di kegiatan Remaja Masyarakat (Remas) di desanya. Tahun 2014, ia juga diamanahi sebagai Ketua Remas Dusun Sekaran periode 2014-2016.

Dengan bahasa lain, Fiqhy ini dapat dikatakan sebagai seorang akifis. Aktif di OSIS, Remas, dan di IPNU. Sebuah proses perjuangan yang membutuhkan tenaga dan pikiran sangat ekstra. Dan itu semua dapat dia jalani dengan hati damai, dan penuh tanggungjawab.

Perjuangan Fiqhy di IPNU tidak hanya berhenti di tingkat Ranting saja. Mulai tahun 2012, dia sudah masuk jajaran Pengurus Harian (PH) PAC. Di PAC, periode 2012-2014 jadi Sekretaris II; kemudian, periode selanjutnya jadi Sekretaris I; dan periode ke-3 (2016-2018), dia menjadi Ketua. Proses sebelum menjadi Ketua PAC sudah sangat melelahkan untuknya. Namun, loyalitas dan semangatnya tidak pernah padam.

Selama menjadi Ketua PAC, Fiqhy telah berhasil membuat beberapa pembaharuan baik di PAC. Ada beberapa kegiatan yang sebelumnya tidak ada, kemudian lahir pada periode kepengurusannya, yaitu: (1) Seminar Organisasi, (2) Outbond Pengurus dan Alumni Dikpel, (3) Sinau Administrasi, (4) Sekolah Persidangan, (5) Ekspo Ranting, dan (6) Volly Competition. Itu semua memang tidak serta merta prestasi dari Fiqhy, banyak pengurus PAC lain yang terlibat dalam semua kegiatan tersebut. Itu adalah prestasi bersama. Prestasi seluruh pengurus PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Ngronggot masa khidmat 2016-2018, yang dinahkodai oleh Fiqhy. [*]




Penulis: Syarif Dhanurendra (Waka. Departemen Pengembangan Organisasi dan Kaderisasi PAC IPNU Kec. Ngronggot Periode 2014-2016)


*Tulisan ini dimaksudkan untuk 
mendokumentasikan Biografi Kader IPNU-IPPNU yang pernah menahkodai PAC Ngronggot selama ini.
Powered by Blogger.