Header Ads

ads header

Hasil - Hasil Kongres XX IPNU di Jakarta Timur Tahun 2022


PENGANTAR EDITOR
Sebagai badan otonom Nahdlatul Ulama, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) mempunyai peranan penting dan strategis dalam menguatkan tradisi Ahlu Sunnah Wal Ja’ma’ah An-Nahdliyyah dikalangan warga NU yang berusia dari 13 tahun sampai 24 tahun.

Dalam segmentasi pelajar, santri, dan mahasiswa peran IPNU yang harus dilakukan tidak hanya merespon tantangan dalam menghadapi Bonus Demografi yang begitu massif dan dinamis dalam mendorong perubahan dalam bidang teknologi, bidang pendidikan, bidang entepreneur.

Akan tetapi peremaja’an usia IPNU yang harus kita jadikan titik fokus kita dalam mempersiapkan sumber daya kader yang kompeten di segala bidang untuk menyongsong bonus demografi, percepatan informasi serta kemajuan technologi. Sebagai generasi milenial yang lahir di dalam Nahdlatul Ulama IPNU pun juga harus terlibat dan tidak sebatas membaca arah perubahan tapi menjadi bagian yang mengisi peran penting dalam perubahan tersebut.

Peran dan respon ini teraktualisasikan dalam hajat besar Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) yakni Kongres ke XX di UPT Asrama Haji Pondok Gede Jakarta. Semua instrumen IPNU bergerak masif dalam hal tersebut baik dari (PP, PW, PC, PCI, PAC, PKPT, PK, PR, PAR).

Naskah Hasil Kongres ini menjadi suatu bentuk momentum dimana forum-forum persidangan berjalan dengan dinamis serta melahirkan keputusan-keputusan penting yang mendorong kemajuan organisasi.

Ada banyak hal muncul dalam Kongres kemarin, baik bagi internal organisasi maupun eksternal, peremaja’an batas maksimal usia IPNU menjadi 24 tahun, mengganti akronim nama Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) menjadi Pimpinan Komisariat (PK), dan Pendisiplinan Kaderisasi disetiap jenjang kepengurusan.

Semestinya disiplin dalam berorganisasi akan berjalan dalam pandangan ekploratif kalau apa yang telah dituangkan dalam buku ini yang mana berisi Peraturan Dasar, Peraturan Rumah Tangga, Prinsip Perjuangan, Garis Besar Program Pengembangan serta Rekomendasi bisa diimplemetasikan oleh setiap Kader, menjadi pegangan dalam melaksanakan kerja-kerja organisasi. Sehingga hasil dari tela’ah ini mendorong nalar kritis, kreatif, serta inovatif bagi kematangan setiap individu dari pada kader IPNU.

Maju dan berkembang adalah hak setiap Kader, tapi Kemajuan adalah kehendak Kader yang dilakukan secara bersama dengan Kader kader IPNU lainnya.
"Kita kembangkan jiwa intelektual dengan Belajar, emosional dengan Berjuang, spiritual dengan Bertaqwa."
Semoga bermanfaat.

Jakarta, 20 September 2022
Tim Editor

Berikut ini buku Hasil - Hasil Kongres XX IPNU yg diselenggarakan di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur pada tanggal 12 - 15 Agustus 2022 :


(untuk download silahkan klik pintasan di bawah)


No comments

Powered by Blogger.