Header Ads

ads header

Refleksi Akhir Kepengurusan Pimpinan Ranting Dadapan Masa Khidmat 2017-2019

Ketua Pimpinan Ranting IPNU-IPPNU Desa Dadapan, Saguh Nata Saputra (kiri) dan Irma Khoirun Nisa (kanan) |dok. LP2 PAC Ngronggot

DADAPAN
Kini Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nadlatul Ulama - Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Desa Dadapan telah mencapai akhir periode kepengurusan (2017-2019).

Seperti yang kita tahu, saat ini PR IPNU-IPPNU Desa Dadapan sedang dipimpin oleh kader terbaiknya, yaitu Rekan Saguh Nata Saputra dan Rekanita Irma Khoirun Nisa. Tanggal 28 Juli 2017 (Jum'at) Rekan Saguh dan Rekanita Irma ditetapkan sebagai Ketua Terpilih dalam forum Rapat Anggota Pimpinan Ranting XIX di Masjid Al Huda Klampakarum. Empat bulan kemudian, tepatnya pada tanggal 19 November 2017 (minggu) kepengurusan ini resmi dilantik dan dinyatakan sah untuk menjalankan roda organisasi. Pelantikan tersebut dihadiri langsung oleh Ketua PC IPNU-IPPNU Kabupaten Nganjuk: Rekan Ahmad Nur Wahid (yang juga merupakan demisioner Ketua PR IPNU Desa Dadapan periode 2010-2012 dan demisioner Ketua PAC IPNU Kecamatan Ngronggot periode 2012-2016) dan Rekanita Deni Nitalia.








Secara hukum peraturan yang berlaku di internal IPNU-IPPNU, masa kepengurusan Pimpinan Ranting adalah 2 tahun terhitung sejak terpilihnya ketua Pimpinan Ranting dalam Rapat Anggota. Artinya, kepengurusan PR IPNU IPPNU Desa Dadapan akan habis pada tanggal 28 Juli 2018. Pertanyaannya kemudian adalah kapan Rapat Anggota akan dilaksanaan?

Baiklah, itu urusan Ketua PR IPNU-IPPNU Desa Dadapan selaku pimpinan tertinggi ranting Dadapan. Tulisan ini tidak akan mempersoalkan hal tersebut, namaun aan lebih membahas capaian-capaian apa saja yang telah dilakukan dalam kepengurusan periode ini. Lets go..!!

1. Agenda Rutin Bulanan
Agenda rutin PR IPNU IPPNU Desa Dadapan telah berjalan dengan baik. Target kegiatan rutin satu kali setiap bulan hampir tidak pernah abstain dilakanakan. Kegiatan dikonsep sederhana mungkin, namun tetap istiqomah. Kadang ngaji kitab Taiirul Kholaq, kadang baca sholawat Al Barzanji. Di awal periode, kegiatan ini dilangsungkan setiap Jum'at Pahing. Kemudian diganti menjadi Minggu Pahing. Hal tersebut disebabkan oleh adanya kebijakan Full Day School. Mayoritas pengurus Ranting harus pulang sore setiap Senin-Jum'at.

Agenda rutin ini adalah satu-satunya kunci hidup-tidaknya dinamika Ranting. Ini perlu dilanjutkan, dan tidak perlu membuat target dan konsep  yang tinggi, apa lagi yang tidak sesuai dengan kapasitas pengurus ranting desa Dadapan. Satu bulan sekali sudah lebih dari cukup. Dan kepengurusan ini perlu diapresiasi setinggi-tingginya, karena telah konsisten melaksakan agenda ini dengan baik.

2. Program Kerja Tahunan
Program kerja tahunan adalah program kerja (proker) yang disesuaikan dengan kalender, sebab proker ini meliputi: PHBN, PHBI,dan  harlah. Dari dua tahun kepengurusan ini, PR IPNU-IPPNU Desa Dadapan sudah berada di posisi aman. Kegiatan Agutusan, Harlah, dan bukber di bulan ramadhan telah sukses dilaksanakan. Walau pun terkadang harus berkolaborasi dengan ranting lain atau bahkan PAC. Setidaknya, telah ada usaha yang cukup baik dari Pimpinan Ranting.

3. Program Kerja Khusus
Sebenarnya, penyusunan proker adalah di awal periode kepengurusan. Sebab, dari tersusunya proker di awal, akan mengetahui rel yang tepat yang harus dilalui. Akan tetapi, jenjang kepengurusan di tingkat ranting masih belum bisa mencapai hal itu. Terkadang muncul proker dadakan yang datang di tengah kepengurusan atau bahkan belakangan. Proker ini misalnya, ziarah ke makam Gus Dur. Tercatat sudah dua kali PR IPNU-IPPNU Desa Dadapan melaksanakan proker ini. Keduanya terkesan dadakan, alias tidak terjadwal sebagai proker di awal kepengurusan. Namun, hal itu.bukan masalah. Sebab, itu haya urusan administrasi organisasi. Pimpinan berhak memutuskan kebijakan dadakan, asal bernilai positif dan dalam ranah yang wajar-rasional. Ahirnya, mungkin terdapat banyak kekurangan dalam proker khusus ini. Namun, ini akan menjadi catatan.bagi setiap pengurus ranting untuk bersama-sama dibenahi pada periode mendatang.

LAMPIRAN 
SP PR IPNU DESA DADAPAN PERIODE 2017-2019 
Nomor : 055/PC/SP/A/XXII/7354/XI/17
Tertanggal : 19 November 2017







SP PR IPPNU DESA DADAPAN PERIODE 2017-2019
Nomor : 056/PC/SP/7455/XXII/XI/17
Tertanggal : 16 Nopember 2017




[*]
Penulis: 
Waka. Pengembangan Organisasi dan Kaderisasi PAC IPNU Kecamatan Ngronggot Masa Khidmat 2014-2016

No comments

Powered by Blogger.