Header Ads

ads header

Download Proposal Konferwil IPNU Jawa Timur 2018

Cover Proposal Konferwil IPNU Jatim 2018

DOWNLOAD PROPOSAL DI SINI 

__________________________________

PENDAHULUAN

Perkembangan  zaman  begitu  cepat  menuntut  seluruh  manusia  untuk melakukan perubahan. Salah satu contoh yaitu semakin berkembangnya pengetahuan teknologi yang sekarang menjadi serba canggih. Mengakses informasi berupa berita kini tidak lagi harus dengan memegang puluhan lembar kertas berukuran besar, cukup menggenggam smartphone yang terkoneksi dengan internet.

Di Era disrupsi pengetahuan dan teknologi bukan hanya menggerus bisnis konvensional semacam media massa cetak saja, akan tetapi juga mengubah ekosistem dunia pendidikan, susunan baku lapangan pekerjaan, dan struktur interaksi antar manusia. Inilah yang disebut dengan Revolusi Industri 4.0 tanpa disadari atau tidak Indonesia sudah mulai pada Era tersebut.

Revolusi Industri 4.0 kali ini bukan hanya menciptakan daya saing atau berkompetisi, namun juga mengharuskan untuk melakukan kolaborasi. Kolaborasi saat ini sangat dibutuhkan dalam menghadapi era disruption. Saling memberikan keuntungan menjadi kunci untuk melakukan perbaikan.

Berkolaborasi akan dapat terwujud dengan baik, ketika setiap orang memiliki kreatifitas yang tinggi dan menghasilkan inovasi baru. Inovasi merupakan sebuah keniscayaan dalam suatu perubahan. Inovasi adalah sesuatu yang berbeda dan memiliki dampak, sehingga setidaknya ada tiga unsur yaitu sesuatu yang dapat berupa produk, proses (metode) atau ide (gagasan).

Unsur kedua adalah berbeda yang dapat bermakna baru ataupun belum ada sebelumnya. Hal ini tentu dibandingkan dengan situasi kondisi saat ini. Unsur ketiga adalah dampak, yang bermakna bahwa sesuatu berbeda tersebut mempengaruhi lingkungan di mana ia berada. Dengan demikian produk inovasi masyarakat merupakan sesuatu yang berbeda dan memiliki manfaat yang dihasilkan oleh anggota masyarakat.

Perubahan yang begitu cepat harus diimbangi dengan berbagai pembaharuan-pembahruan di berbagai aspek. Aspek yang paling urgen di era revolusi industry 4.0 adalah bagaimana pemanfaatkan internet dan digitalisasi menjadi bagian yang tak terpisahkan dari seluruh aktifitas manusia. Seluruh lini kehidupan saat ini harus mampu memanfaatkan teknologi, mulai darai pendidikan, kesehatan, bisnis dan lain sebagainya.

Dengan demikian, dalam kegiatan Konferensi Wilayah (Konferwil) XXII tahun ini Pimpinan Wilayah IPNU Jawa Timur mengangkat tema Konsolidasi dan Sinergi Pelajar NU Merespon Revolusi Industri 4.0. Hal ini dilakukan sebagai upaya mendongkrak spirit para pelajar, santri dan mahasiswa dalam menyikapi revolusi industry 4.0.


Berikut ini Proposal Konferwil PW IPNU Jatim 2018 :




_______________

Sumber: https://ipnujatim.or.id

No comments

Powered by Blogger.