Header Ads

ads header

IPNU Ngronggot: Siapkan Barisan dengan Ngaji Aswaja

Ngaji Kitab Risalah Ahlussunnah Wal Jamaah


IPNU-IPPNUnews– Rutinan PAC IPNU-IPPNU Ngronggot dilaksanakan hari ini, Jumat (9/4/21) di Masjid Darussalam, Sekombang, Kelurahan.

Rutinan dibuka pukul 06.00 WIB dengan Khatmil Quran hingga sebelum salat Jumat. Setelah Jumatan , acara dilanjutkan dengan Ngaji Kitab Risalah Aswaja, diisi oleh KH Ali Masyhar, Suryah MWCNU Ngronggot.

Rekan Iqbal Zakariya, ketua PAC IPNU Ngronggot mengatakan bahwa ngaji Aswaja merupakan bagian dari cara merawat pemahaman kader IPNU-IPPNU. "Ini dalam rangka menyiapkan barisan, menjadikan tekat untuk bersatu di naungan bendera IPNU-IPPNU," terang Iqbal.

KH Ali Masyhar membuka ngaji dengan menerangkan latarbelakang Hadratus Syaikh Hasyim Asy'ariy menulis kitab Risalah Aswaja.

"Kitab ini dibuat tidak mudah. Ada fase-fase panjang yang dilakukan Mbah Hasyim. Termasuk menata hati, dan meminta petunjuk Gusti Allah untuk kemanfaatan bagi umat muslim," terang Mbah Ali, sapaan akrab KH Ali Masyhar.

Mbah Ali mengisahkan, kitab Risalah Aswaja sebelum diberikan ke publik, oleh Mbah Hasyim di bawa ke Makkah. Di sana, kitab ini diletakkan di atas Kakbah.

"Ya Allah, jika kitab ini tidak bermanfaat, maka hancurkan lah," ucap Mbah Ali, menggambarkan bagaimana Mbah Hasyim ketika meletakkan Kitab Risalah Aswaja.

Singkat cerita, setelah beberapa tahun kitab ini berada di Kakbah, kondisinya masih utuh. Hal ini kemudian dijadikan Mbah Hasyim Asy'ary sebagai isyarat kebermanfaatan kitabnya.

Pewarta: Rekan Nasrul Umam

No comments

Powered by Blogger.