Header Ads

ads header

DOWNLOAD MODUL MATERI TRAINING KADER PENERUS 2020 IPNU-IPPNU NGRONGGOT NGANJUK JATIM



KATA PENGANTAR
TIM PENYUSUN KURIKULUM DAN MATERI
TRAINING KADER PENERUS (TKP) 2020
PAC IPNU-IPPNU KECAMATAN NGRONGGOT

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Bismillahirrahmaanirrahiim

Alhamdulillahirobbilalamin, berkat rahmat dan ridlo Allah SWT, modul untuk kegiatan Kaderisasi Non-Formal Training Kader Penerus (TKP) Tahun 2020 ini telah tuntas kami susun. Semoga buku tipis ini dapat bermanfaat bagi masa depan roda organisasi IPNU-IPPNU, khususnya di wilayah Pimpinan Anak Cabang Ngronggot.

Tim Penyusun ini merupakan Panitia Khusus yang dibentuk oleh Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Kecamatan Ngronggot yang bersifat Ad-hoc, yakni hanya bertugas selama proses penyusunan kurikulum dan materi TKP 2020 berlangsung. Dan karena kurikulum dan materi TKP telah selesai kami susun, maka telah selesai masa kerjanya dan secara otomatis tim ini telah bubar.

Kami dari Tim Penyusun kurikulum dan materi TKP mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan materi ini. Besar harapan kami buku ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya untuk kemajuan organisasi.

Tim Penyusun diberi hak penuh oleh Wakil Ketua I PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Ngronggot yang membidangi Pengembangan Organisasi dan Kaderisasi dalam menentukan materi-materi apa saja yang perlu digunakan dalam TKP 2020. Maka dari itu, kami berinisiatif membuka kembali Buku-Buku Kaderisasi IPNU-IPPNU dan membedah kurikulum sesuai dengan kultur dan kebutuhan PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Ngronggot.

Ada 5 materi pokok dalam TKP ini, yaitu (1) Kepemimpinan, (2) Sistem Kaderisasi dan Manajemen Perawatan Kader, (3) Analisi Gender, (4) Doktrin Ke-IPNU-IPPNU-an, dan (5) Teknik Persidangan. Kelima materi tersebut merupakan materi yang bermuatan sekelas Latihan Kader Muda (Lakmud) dan Latihan Kader Utama (Lakut). Hal ini didasari oleh tujuan awal dari dilaksanakannya kegiatan TKP, yaitu kaderisasi Non-Formal yang sebenarnya dilaksanakan Pasca Lakmud dengan target peserta adalah alumni Lakmud. TKP bertujuan untuk merawat dan mematangkan potensi kader-kader agar siap menuju Lakut.

Rekan-Rekanita yang kami banggakan!

IPNU-IPPNU harus menjadi rumah bagi setiap kader. Dan hubungan emosional antar kader harus saling menguatkan layaknya sebuah keluarga (dalam arti yang luas). Untuk lebih mempertajam dalam mengenal organisasi, dan memperkuat skill keorganisasian, maka kader harus dilatih dalam sebuah pelatihan sedemikian rupa.

Training Kader Penerus (TKP) adalah salah satu kunci pengembangan potensi kader. Dalam berproses di TKP, kader akan mendapat banyak materi yang kelak akan menjadi bekal mereka dalam menjalankan roda organisasi. Semakin banyak mereka menyerap isi materi TKP, maka semakin tinggi pula pengetahuan dan skill yang mereka dapatkan.

Rekan-Rekanita yang kami banggakan!

Setiap karya pasti memiliki kekurangan, maka dari itu kami dari Tim Penyusun sangat mengapresiasi kepada semua kader yang dapat memberikan masukan atau kritik dan saran yang membangun untuk memperbaiki buku ini.

Wallahul Muwafiq Ila Aqwamith Thariq
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Ngronggot,

17 Dzulqa’dah 1441 H
8      Juli     2020       M

Ketua Tim Penyusun


ttd

SYARIF DHANURENDRA

Berikut ini Buku Modul Materi Training Kader Penerus (TKP) 2020 :




DOWNLOAD FILE PDF KLIK DI SINI

No comments

Powered by Blogger.