Header Ads

ads header

Cegah Penyebaran Virus Corona, NU Ngronggot: yang Terpenting Pola Hidup Sehat dan Cuci Tangan

Foto : Juni Prasetiawan | pelajarnungronggot.or.id

NGRONGGOT. Gugus Satgas Covid-19 MWC NU Ngronggot kembali berusaha mencegah penyebaran virus Corona di wilayah Kecamatan Ngronggot, Minggu  (19/04/2020).

"Aksi pada kali ini, Satgas melakukan penyemprotan disinfektan ke mushola dan masjid se-Kecamatan Ngronggot,” kata Ketua PAC Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Ngronggot, Juni Prasetiawan kepada pelajarnungronggor.or.id, Minggu  (19/04/2020).

Juni menuturkan bahwa banom dan lembaga naungan MWCNU Ngronggot kompak berpatisipasi dalam aksi ini, diantaranya Muslimat NU, Fatayat NU, IPNU-IPPNU, CBP, dan LPBI NU Kecamatan Ngronggot.

Sejak pagi peserta telah berkumpul dalam apel petugas penyemprotan. Apel tersebut dipimpin komandan Khoirul Muttaqin, yang akrab dipanggil Ndan Subur. Selanjutnya para Satgas turun lakukan penyemprotan ke masjid dan mushola yang telah ditentukan pembagian tugasnya," kata Juni.

Selain itu, Ketua MWC NU Kecamatan Ngronggot Drs. H. Muhib, M.Pd.I mengatakan hal yang paling penting dalam mencegah penularan virus maupun bakteri adalah tren hidup bersih dan sehat.

"Jika memang berada di zona merah mungkin diperlukan disinfektan. Tapi yang terpenting mengetahui cuci tangan pakai sabun. Sabun seperti apa? Sabun dengan antiseptik," katanya.

Selain itu, H. Muhib juga menyarankan untuk menggunakan air bersih. "Air yang bersih bukan hanya sehat dan aman, tapi juga bisa memberantas jentik nyamuk yang kini sedang berkompetisi dengan Covid-19. Kasus kematian DBD juga tinggi. Persoalannya di air," terangnya.

Dia menambahkan yang tak kalah penting adalah penggunaan jamban yang sehat dan menjaga rumah tetap bersih, juga menjaga kesehatan mental.

"Kami juga punya ikhtiar dengan pendekatan keluarga. Dengan menjaga kesehatan pola pikir. Jangan panik karena kita telah melakukan sesuatu tindakan pencegahan dengan cara tadi, menjaga kebersihan dan cuci tangan," kata H. Muhib

Selain Ketua PAC GP Ansor Ngronggot dan ketua Tanfidziyah MWC NU Ngronggot, hadir pula Polsek Ngronggot serta Koramil Ngronggot dalam kegiatan tersebut. Acara berjalan lancar hingga akhir dengan antusiasme warga dan takmir masjid yang bagus.(red)


No comments

Powered by Blogger.