Header Ads

ads header

Comingsoon: Latihan Kader Muda.!


Latihan Kader Muda (Lakmud) adalah salah satu tingkat kaderisasi formal di IPNU-IPPNU, yaitu merupakan tingkat kedua. Beda halnya dengan Makesta (pengenalan organisasi dan ideologi), Lakmud cenderung lebih kepenguatan skil kader (keorganisasian dan kepemimpinan) dan penguatan ideologi.

Dalam kepengurusan PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Ngronggot, Lakmud selalu diselenggarakan pada tahun kedua dalam setiap periode kepengurusan. Tahun pertama ada Dikpel dan Makesta, dan tahun kedua baru Lakmud. Periode kepengurusan saat ini adalah 2016-2018. Maka tahun ini adalah tahun kedua dari kepengurusan. Jadi, beberapa bulan yang akan datang Lakmud akan segera diselenggarakan. Kemungkinan, sekitar bulan Juni-Juli.

Mengenai materi Lakmud, adat PAC Ngronggot menggunakan 11 materi (Lakmud 2012), yaitu ke-IPNU-IPPNU-an, Aswaja, Nahdlatul Ulama dan Khittohnya, Tradisi Perilaku Keagamaan NU, Leadership, Administrasi IPNU-IPPNU, Manajemen Organisasi, Teknik Pembuatan Proposal, Teknik Kerjasama, Metode Diskusi, dan Scientific Problem Solving.  Untuk persyaratan ikut Lakmud, biasanya harus sudah Makesta terlebih dahulu. Selain itu, usia juga dibatasi, yaitu minimal 15 tahun dan maksimal 25 tahun.

Karena materi Lakmud juga sangat banyak (nanti masih perlu menyesuaikan dengan hasil Keputusan Rakesnas 2016 tentang Sistem Kaderisasi), maka Lakmud tidak bisa dilakukan dengan hanya sehari. Kalau mengingat periode-periode sebelumnya, pelatihan ini berlangsung selama 3 hari penuh.

Pengalaman penulis mengenai Lakmud yaitu seru, menantang, dan sangat menguntungkan karena mendapat ilmu yang baik dan berkualitas, dan teman yang banyak. Pokoknya, yang tidak ikut bakalan nyesel...

Untuk info selanjutnya, silahkan kunjungi linimasa kami di FB (Pelajar Nahdliyyin Ngronggot), IG (@pacipnuippnu_nggt) atau blogspot ini.[]

Penulis
Anggota Bidang Pengembangan Organisasi dan Kaderisasi
PAC IPNU Kecamatan Ngronggot 2016-2018

No comments

Powered by Blogger.