Header Ads

ads header

Download Buku Materi Latihan Kader Muda



PENGANTAR
TIM PENYUSUN MATERI LAKMUD
IPNU-IPPNU ANAK CABANG NGRONGGOT

Assalamualaikum Wr. Wb.
Bismillahirrohmanirrohim

Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama  Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) adalah organisasi pelajar yang berpusat pada kaderisasi. Kaderisasi yang berkualitas adalah yang dapat melahirkan kader-kader militan, loyal, dan bernar-benar ikhlas berproses di IPNU-IPPNU.

Harus diakui bahwa sampai saat ini kaderisasi NU, terutama di level lokal, masih cukup rapuh. Kerapuhan ini salah satunya tampak dari rendahnya skill organisasi dan kapasitas intelektual kader NU dalam melaksanakan program dan tugas kepelajarannya. Persoalan ini berimplikasi serius pada kurang produktifnya IPNU-IPPNU sebagai organisasi pelajar dalam mengawal agenda-agenda kepelajaran dan pengelolaan kader bawah. Pembacaan dan pemetaan masalah kaderisasi  merupakan hal yang pelik yang tidak bisa dipotong hanya dengan  asumsi  asumsi  melainkan harus dengan pembacaan yang jernih terhadap kebutuhan di tingkat basis.

Alam bawah sadar kader IPNU-IPPNU harus segera terdeteksi. Dengan kata lain, kita harus segera mencari formula dan pintu masuk yang pas untuk melakukan internalisasi nilai dan doktrinasi terhadap kader kita sendiri. Memberikan pemahaman atas realitas NU dan bangsa adalah sesuatu yang tidak mudah dilakukan kalau ternyata apa yang kita lakukan dan kita berikan kepada mereka justru tidak sambung dengan alam bawah sadar kader. Berulang kali IPNU-IPPNU melakukan pembacaan atas realitas kader, bahkan kurikulum kaderisasi juga sudah dibongkar dan diperbaiki. Namun sepertinya belum mampu menjawab persoalan mendasar di IPNU-IPPNU. Hal ini antara lain dikarenakan tidak ada segmentasi garapan yang jelas di IPNU-IPPNU. Dapat kita bayangkan dalam sebuah session kaderisasi tingkat awal (baca Makesta), disana ada peserta yang baru kelas 1 SLTP dan disebelahnya ada yang sudah kuliah semester 5. Sungguh sulit menyamakan persepsi mereka. Kelihatannya hal ini hanya masalah teknis, akan tetapi lebih dari itu sebenarnya harus dicarikan solusi yang tepat untuk hal ini.

Belum lagi persoalan konstruksi materi kaderisasi yang belum mampu membuat kader muda NU ini (baca IPNU-IPPNU) berani membusungkan dada menyandang nama besar IPNU-IPPNU dan merasa memiliki terhadap NU. Sehingga hampir selalu kader yang mampu membusungkan dada adalah kader yang pernah atau melakukan  dan menimba ilmu lewat kaderisasi (baik formal atau tidak) pada Organ gerak lain.

Oleh karena itu, kader IPNU harus diberi pemahaman atas sejarah NU dalam konteks Nasional dan global dengan berpijak pada sejarah yang disusun oleh Kita; memberikan pemahaman terhadap kader IPNU-IPPNU mengenai narasi besar kaderisasi Nahdlatul Ulama; Melakukan pembacaan atas kaderisasi IPNU-IPPNU di semua tingkatan.

IPNU-IPPNU harus menjadi rumah bagi setiap kader. Dan hubungan emosional antar kader harus saling menguatkan layaknya sebuah keluarga (dalam arti yang luas). Untuk lebih mempertajam dalam mengenal organisasi, dan memperkuat skill keorganisasian, maka kader harus dilatih dalam sebuah pelatihan sedemikian rupa.

Latihan Kader Muda (Lakmud) adalah salah satu kunci pengembangan potensi kader. Dalam berproses di Lakmud selama tiga hari, kader akan mendapat banyak materi yang kelak akan menjadi bekal mereka dalam menjalankan roda organisasi. Semakin banyak mereka menyerap isi materi Lakmud, maka semakin tinggi pula pengetahuan dan skill yang mereka dapatkan.

Syukur Alhamdulillah, penyusunan Materi Pelatihan Formal Lakmud ini telah selesai. Materi ini disusun berdasarkan kultur budaya kaderisasi di lingkup PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Ngronggot. Ada beberapa penambahan dan pengurangan dalam isi materi, itu semua dalam rangka menyesuaikan dengan perkembangan zaman saat ini.

Dalam penyusunan materi Lakmud ini, 85 % mengambil materi-materi periode sebelumnya. Dan ada 3 materi yang ditambahkan sesuai adanya perubahan aturan dari Pimpinan Pusat, yaitu materi (1) Ke-Indonesiaan, (2) Teknik Diskusi, Rapat, dan Persidangan, dan (3) Networking & Lobbying. Tiga materi tambahan ini menjadi sebuah harapan besar PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Ngronggot agar dapat melahirkan kader sesui dengan yang kita cita-citakan.
Semoga materi ini dapat membantu peserta Lakmud dalam memahami materi yang disampaikan oleh narasumber.

Salam Pelajar NU.!
Selamat Belajar, Berjuang, dan Bertaqwa.!

Wallahul Muwafiq Ila Aqwamith Thariq
Wassalamualaikum Wr. Wb.


Ngronggot, 29 Juni 2018

a.n. Tim Penyusun

Ttd

SITI KHOLIMAH



Berikut ini Buku Materi LAKMUD tersebut:


Download klik di SINI

No comments

Powered by Blogger.