Header Ads

ads header

Hukum Pacaran Menurut Islam

illustrasi: duniaku.com


Gimana sih pacaran yang baik menurut Islam ?


Pertanyaan di atas selalu bertebaran bagi para remaja yang tengah menghadapi kasmaran, di sisi lain, dia juga seorang santri. Nah, redaksi berselancar mencari referensi sederhana dalam menjawab pertanyaan tersebut.

Merujuk dari media Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang, pertama terlebih dahulu, kita perlu sepakat tentang apa yang dimaksud dengan pacaran. Kalau di Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata pacar diartikan sebagai teman lawan jenis yang tetap yang mempunyai hubungan berdasarkan cinta kasih. Jika itu yang Rekan/Rekanita maksud, maka perlu diketahui bahwa Islam tidak menghalangi lahirnya cinta kasih antar lawan jenis, karena itu adalah fitrah manusia bahkan fitrah semua makhluk.

Bagi manusia, ia (cinta kasih) adalah dorongan naluri sejak kecil dan kebutuhan setelah dewasa, membendungnya akan sangat menyulitkan manusia. Tetapi melepaskannya tanpa kendali juga dapat mengakibatkan bahaya yang tidak kecil. Karena itu agama memberi tuntunan.

Tuntunan yang di maksud ialah, jika ada yang ingin bercinta-kasih dengan lawan jenisnya, maka hendaknya hal tersebut bertujuan  untuk menjalin hidup rumah tangga. Tentu jika masing-masing benar-benar cinta, maka tidak akan terjadi pelanggaran agama dan moral yang akan merugikan kedua pihak, khususnya wanita. Setiap pribadi muslim hendaknya sadar bahwa kebahagiaan sejati ialah kebahagiaan di akhirat. Jika seorang muslim malah menjatuhkan orang lain atau terjun bersama-sama ke jurang kemaksiatan, maka berarti menolak kebahagiaan sejati tersebut.

Agama dengan tegas melarang berdua-duaan walau dengan calon pasangan, walaupun pinangan dan lamaran sudah disampaikan. Dalam sebuah hadits disebutkan, “Siapa yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, maka jangan sekali-sekali berduaan dengan wanita yang tidak ada bersama dia mahramnya (muhrimnya), karena kalau mereka berdua saja maka syetan yang menggenapkan mereka bertiga.“ (HR. Ahmad).

Demikian, Rekan-Rekanita. Selamat menjemput bulan suci ramadhan. Tetap semangat menjalankan aktivitas beribadah sehari-hari. Jangan lupa untuk tetap belajar dan baca buku, atau berselancar di dunia maya untuk mendapat asupan bergizi untuk akal pikiran kita masing-masing. Dan semoga kita semua dijauhkan dari fitnah-fitnah duniawi yang menyesatkan. Amiin.

#dirumahaja #diamdirumahlebihbaik #pelajartangguh #salamberjuta #salam3b


Disadur dari gadingpesantren.id





No comments

Powered by Blogger.