Header Ads

ads header

Lakmud Dimulai, Puluhan Kader Terbaik IPNU-IPPNU Ngronggot Siap Digembleng

Suasana Opening Ceremony Lakmud 2018 di MTsN 6 Nganjuk
Kaderisasi adalah pintu awal untuk melangkah dan berjuang di IPNU-IPPNU. Dalam jenjang kaderisasi formal, IPNU-IPPNU memiliki pelatihan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) dan Latihan Kader Muda (Lakmud).

Kedua jenjang kaderisasi di atas adalah program kerja IPNU-IPPNU Kecamatan Ngronggot setiap periode. Makesta di tahun pertama, kemudian Lakmud di tahun kedua.

Kini kepengurusan PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Ngronggot telah sampai pada tahun kedua. Dan Jumat kemarin (06/07), Opening Ceremony Latihan Kader Muda (Lakmud) 2018 yang diselenggarakan oleh Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Kecamatan Ngronggot periode 2016-2018 telah dimulai. Dalam acara pembukaan tersebut tampak dihadiri oleh Kyai Masykur Ghofar selaku Rois Suryah MWC NU Ngronggot; Drs. H. Muhib, M.Pd.I, selaku Ketua Tanfidziyah MWC NU Ngronggot; Ketua PC IPNU Kabupaten Nganjuk, Ahmad Nur Wahid; dan Ketua PC IPPNU Kabupaten Nganjuk, Deni Nitalia. Selain itu, para Alumni IPNU-IPPNU Anak Cabang Ngronggot, para Ketua Pimpinan Anak Cabang tetangga, dan para Ketua Pimpinan Ranting Se-Kecamatan Ngronggot juga tampak hadir. Pembukaan Lakmud berlangsung sangat meriah.

Kali ini, Lakmud diselenggarakan di MTsN 6 Nganjuk dan akan berlangsung mulai tanggal 6 Juli 2018 hingga tanggal 8 Juli 2018. Berdasarkan laporan Panitia, jumlah peserta Lakmud 2018 ini sebanyak 42 orang. Mereka semua adalah kader-kader terbaik se-Kecamatan Ngronggot dan beberapa kader dari Pimpinan Anak Cabang lain.

"Alhamdulillah, jumlah peserta ada 42," kata Rekan Amin selaku Ketua Panitia Pelaksana Lakmud, "Jumlah tersebut sudah sesuai dengan rencana kita. Semoga ke-41 peserta ini bisa mengikuti kegiatan dengan maksimal, dan benar-benar menjadi kader militan di daerahnya masing-masing." lanjutnya.

Pada Lakmud kali ini, masih kata Rekan Amin, kita mengusung tema Meningkatkan Kualitas, Loyalitas, dan Militansi Kader di Era Milenial. Kita berharap, out put dari Lakmud 2018 ini bisa benar-benar menjadi kader yang berkualitas untuk meningkatkan SDM para pengurus Ranting dan kelak akan meneruskan estafet perjuangan di tingkat Pimpinan Anak Cabang. Selain kualitas kita juga menekankan pada loyalitas dan militansi kader, karena loyal dan militan itu paling sulit didapatkan, maka harus kita lahirkan.

Dari perekrutan peserta Lakmud, pihak Pimpinan Anak Cabang telah menghimbau kepada masing-masing Pimpinan Ranting untuk mengirimkan peserta yang benar-benar sudah loyal, sehingga nanti bisa tetap berjuang di ranting masing-masing. Ketua PAC IPNU Kecamatan Ngronggot, Rekan Fiqhy Setio Budi, yakin bahwa sebenarnya seluruh peserta sudah berkualitas, loyal, dan militan. Sehingga kegiatan Lakmud ini bertujuan untuk lebih meningkatkan tiga hal tersebut.

Selama kegiatan Lakmud, seluruh peserta akan diberikan berbagai materi penting untuk mereka masing-masing. Materi-materi tersebut adalah Aswaja dan Tradisi Amaliyah NU; Ke-IPNU  IPPNU-an; Ke-Indonesiaan; Manajemen Organisasi; Leadership; Administrasi IPNU IPPNU; Teknik Diskusi, Rapat, dan Persidangan; Komunikasi dan Kerjasama; Scientific Problem Solving; dan Networking dan Lobbying.

Sementara itu, Ketua MWC NU Kecamatan Ngronggot H. Muhib, M.Pd.I menilai bahwa kaderisasi IPNU-IPPNU Anak Cabang Ngronggot sudah sangat baik. Menurutnya, semenjak beliau menjadi Ketua MWC NU Kecamatan Ngronggot mulai tahun 2011 hingga sekarang PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Ngronggot selalu aktif menggelar Makesta (Masa Kesetiaan Anggota) dan Lakmud di setiap periode kepengurusan.

H. Muhib, M.Pd.I juga berpesan agar kader IPNU-IPPNU harus selalu semangat untuk meningkatkan kualitas ilmunya,baik dalam pembelajaran formal, informal, maupun non formal.

"Kami berharap, kalian sebagai generasi NU juga bersungguh-sungguh mencari ilmu. Tentunya ilmu-ilmu yang bermanfaat, baik ilmu untuk kehidupan di dunia mapun di akhirat." kata beliau saat mengisi sambutan dalam Opening Ceremoni Lakmud kemarin (06/07), "Semoga mulai awal hingga akhir tidak ada halangan apa-apa," pungkasnya.(Sd)

No comments

Powered by Blogger.